Home

Memang cocok alat ini disebut “Silent Partner” atau teman dalam kesendirian atau teman yang gak bawel, atau terserahlah mau diartikan apa saja bisa.

Alat yang dibuat oleh Rock Exotica (US), pabrikan alat keselamatan di tebing dan gunung, jelas-jelas dinyatakan dalam buku petunjuknya hanya khusus digunakan oleh pemanjat berpengalaman, dan bukan pemula. Buku petunjuknya pun sangat terlampau sederhana tetapi cukup informatif, dan benar-benar hanya bisa dipahami oleh pemanjat yang sudah berpengalaman.

Pertama saya tertarik dengan alat ini adalah pemakaiannya yang simpel, dengan hanya menggunakan simpul “Clove Hitch” maka secara otomatis tali terkumci ketika pemanjat jatuh, tanpa terlalu terganggu dengan tidak adanya belayer. Jadi praktis alat ini menggantikan sepenuhnya fungsi Belayer (pemanjat kedua yang mengamankan kita).

Hanya saat pertama kali saya menguji cobanya di tebing Ciampea, di jalur yang baru saja dibuat oleh pemanjat lainnya dengan grade 5.9 – 5.10, rasa percaya diri masih belum muncul saat menggunakannya, dan belum terbiasa dengan teknik pemanjatan menggunakan alat ini.

Saya mulai “pede” ketika saat saya mencoba jatuh, dan ternyata alat ini berfungsi sangat baik menghentikan laju  tubuh saya dari atas dan mengunci tali pada posisinya. Huff!!! Lumayan jantungan juga kalo begini…hehe

Tapi, tetap saja saya belum terbiasa untuk “jatuh” dengan menggunakan alat ini dan harus mengulang lagi proses “jatuh” yang sama buat membiasakan diri.

Sungguh pengalaman baru dengan mainan baru.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s